Skip to main content

Keajaiban Kasih Sayang

Oleh: Gede Prama

Dunia yang semakin rumit. Ini potret zaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berhasil membuat kompleksitas permasalahan di segala bidang menurun. Sebaliknya, di segala bidang muncul kerumitan-kerumitan yang semakin rumit. Di tengah kelangkaan jalan keluar, biasanya manusia menunggu datangnya keajaiban. Kebanyakan manusia mengira, keajaiban datang dari langit, lupa bahwa keajaiban yang paling ajaib datang dari dalam hati. Keajaiban dari dalam hati, muncul dalam keseharian yang penuh dengan kasih sayang.

Kesembuhan

Keajaiban kasih sayang yang pertama, muncul dalam bentuk kesembuhan. Dulunya, kasih sayang menyembuhkan hanya cerita di dunia spiritual. Sekarang, berlimpah riset yang mendukung penemuan ini. Salah satu riset yang paling sering dikutip dalam hal ini, adalah dua kelompok mahasiswa yang diminta menonton dua film berbeda. Keduanya air liurnya diambil sebelum dan setelah menonton film untuk melihat kekebalan tubuhnya. Hasilnya sangat menyentuh, kelompok mahasiswa yang menonton film Bunda Teresa kekebalan tubuhnya jauh lebih baik dibandingkan dengan yang menonton film biasa.
Sejumlah yogi Tibet dimasukkan ke dalam mesin MRI, kemudian diminta memeditasikan kasih sayang. Hasilnya terang sekali, gerakan neural di bagian otak tempat berfungsinya kesembuhan menaik drastis sekali. Seorang sahabat dekat yang ceritanya bisa dipercaya sepenuhnya, menggunakan tubuhnya sendiri untuk mengecek kebenaran bahwa kasih sayang menyembuhkan. Tatkala melakukan meditasi pribadi, sore harinya memberikan kesempatan pada banyak sekali nyamuk - sebagian nyamuknya berwarna hitam putih yang kerap disebut sebagai sumber penyakit demam berdarah - untuk meminum darahnya. Tentu saja dilakukan dengan spirit kasih sayang mendalam. Akibatnya, tubuhnya tentu saja merah di sana-sini. Tapi setelah bertahun-tahun, tidak ada tanda-tanda ia terkena penyakit demam berdarah.
Daftar contoh dan bukti bisa diperpanjang tentu saja. Tapi di tengah mahalnya harga obat, tidak terjangkaunya biaya rumah sakit, tidak tersentuhnya masyarakat miskin oleh bantuan pemerintah, layak merenungkan untuk melindungi kesehatan tubuh dengan kasih sayang mendalam.

Kedamaian

Keajaiban kasih sayang yang kedua, ia sangat mendamaikan. Salah satu Guru yang meditasinya damai sekali bernama Ramana Maharshi. Berkali-kali muridnya menemukan, di dekat beliau meditasi atau mengajar, tidak saja manusia damai, bahkan binatang liar seperti ular pun damai. Nelson Mandela adalah contoh lain. Beliau tidak saja dirasakan damai oleh sahabat dan keluarga, tapi juga terasa damai di hati musuh-musuhnya. Jalalludin Rumi adalah salah satu tokoh sufi yang damai sekali. Vibrasi kedamaiannya bahkan dirasakan jauh di luar komunitas muslim, melampaui waktu hidupnya di abad empat belas. Ketiga tokoh ini memang lahir di agama yang berbeda. Tapi ketiganya memiliki satu kesamaan, yakni hati yang penuh dengan kasih sayang.
Salah satu logika yang bisa menjelaskan dalam hal ini adalah dua orang yang ketemu anjing. Orang pertama damai sekaligus penuh kasih sayang. Orang kedua adalah orang biasa. Setelah lewat di depan anjing, hanya orang kedua yang digonggong anjing. Ini bisa terjadi karena ketakutan berlebihan membuat tubuh manusia menghasilkan adrenalin. Dan adrenalin ini yang dicium oleh anjing sehingga menggonggong juga karena ketakutan.
Indahnya kasih sayang mendalam, tidak saja membuat tubuh manusia tidak memproduksi adrenalin, juga menjadi jembatan bagi pengalaman kebersatuan. Di tingkat kebersatuan, diri kecil (tubuh, perasaan, persepsi, formasi mental, pikiran dualistik) lebur menyatu dengan Diri Agung. Di tingkat ini, alam kecil dan alam besar terhubung rapi. Sehabis ini, tidak ada hal lain yang tersisa kecuali damai.

Kesempurnaan

Dengan modal kedamaian menawan, kasih sayang bisa menghantar manusia ke tangga keajaiban yang ke tiga yakni kesempurnaan. Di tingkat kesembuhan dan kedamaian berlimpah logika dan penelitian yang tersedia sebagai bahan penjelasan. Di tingkat kesempurnaan, semua bahasa dan logika manusia menjadi tangga yang tidak cukup tinggi untuk menjangkau. Itu sebabnya, orang suci yang sudah sampai di sini semuanya mengenakan bahasa puitik.
Salah satu Guru suci pernah berpesan seperti ini: "Awalnya suka cita. Di tengah suka cita. Di akhir juga suka cita". Di tingkat kesempurnaan, semua dilihat dan diperlakukan dengan suka cita sehingga kehidupan tidak punya wajah lain selain suka cita. Bedanya suka cita di tingkat kesempurnaan dengan suka cita orang biasa, suka cita di tingkat kesempurnaan menjadi ibu bagi lahirnya bayi indah bernama kasih sayang. Makanya, salah satu arti buku suci adalah kerinduan mendalam akan kasih sayang (a crying for compassion).
Dengan kata lain, buku suci lahir dari kerinduan mendalam akan kasih sayang. Ia serupa seorang Ibu yang rindu akan anak-anaknya, sekaligus datang dengan tangan mendekap untuk menenangkan sekaligus menyelamatkan. Itu sebabnya, di banyak tradisi disarankan menghormati buku suci sebaik manusia menghormati ibu kandungnya.

Menitipkan Masa Depan


Kembali ke cerita awal tentang kerumitan yang meningkat di mana-mana, salah satu sebab dominannya karena dunia tanpa pemimpin. Sulit menyangkal, zaman ini sangat mengagumi Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Bunda Teresa, YM Dalai Lama. Dan yang serupa dalam tokoh-tokoh ini sederhana, semuanya berpengaruh karena kedalaman kasih sayang. Dalam studi mendalam tentang kepemimpinan, sudah lama ditemukan bahwa intisari kepemimpinan terletak pada kemampuan "mempengaruhi& quot;. Dan kemampuan mempengaruhi sangat ditentukan oleh seberapa indah hati seseorang dihiasi oleh kasih sayang. Kepada orang-orang seperti inilah masa depan akan dititipkan.

Comments

Popular posts from this blog

Ten Thousand Lifetime

I will search for you through a Thousand Worlds and Ten Thousands of a Lifetime . Until I find you 47 ronin

Aku Ingin Melukis Rumah Untukmu, Anakku

Aku Ingin Melukis Rumah Untukmu, Anakku Sedang duduk kita di beranda Tangan-tangan kecilmu dan terang bola matamu Adakah bedanya Dengan gambar kecilku dulu Waktu kulukis rumah Tanpa pintu tanpa jendela Dan langit kelabu diatasnya Ingin kuhapus masa lalu Hari-hari terisak yang sukar engkau mengerti Sekarang dibelakangmu aku berdiri Sudahkah benar aku menjadi ayah Setelah memberimu beberapa Sesuatu yang tidak engkau pinta Namun aku harus melakukannya Selagi kental tinta kasih sayang kita Mungkin belum pudar persahabatan, kejujuran, Dan semua saja yang pernah kita bangun Menuliskan garis dan warna menawan Ingin aku melukis lagi sebuah rumah untukmu Dengan awan putih diatasnya Sebuah rumah yang terang Berpintu dan berjendela Agar bebas mengalir lalu lalang Bendera nurani kita 1995 Handrawan Nadesul